Tidak Sesederhana itu…

10 Aug 2008

Sikap hidup sederhana ternyata tidak sesederhana yang kita bayangkan, tidak sesederhana apa yang sering diucapkan dalam ujaran sebuah nasehat. Kita sering menerima wejangan hidup untuk bersahaja dan hidup dalam kesederhanaan, namun sedikit tauladan dari para tokoh yang mengkampanyekan sikap hidup sederhana itu.

Sederhana bukan hanya sekedar dikotomi antara kebutuhan dan keinginan, tapi lebih dari itu adalah sebuah sikap hidup untuk tidak berlebih-lebihan. Kalau hanya membedakan antara kebutuhan dan keinginan, saya yakin semua orang bisa membedakannya. Orang membeli suatu barang karena memang itu adalah sebuah kebutuhan, jelas beda dengan orang membeli sesuatu karena hanya menuruti keinginan.

Menuruti sebuah keinginan tidaklah salah, namun yang perlu diupayakan adalah untuk tidak berlebih-lebihan dalam menuruti keinginan tersebut. Banyak contoh kasus hanya karena ingin memenuhi keinginan, orang sampai nekat berbuat kriminal, merendahkan martabat diri sendiri dan lain-lain. Bukankah hal itu adalah sikap yang berlebih-lebihan dalam menuruti sebuah keinginan ??

Sikap hidup sederhana tidak sesederhana yang kita pikirkan. Sikap hidup sederhana harus didahului dengan pikiran dan hati yang jernih dalam menyikapi hidup itu sendiri. Kalau pikiran dan hati kita saja sudah dikotori oleh apa itu keinginan, maka jangan harap kita bisa mempunyai sikap sederhana tersebut.


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post


Categories

Archive