Menilai Sesuatu

16 Aug 2008

Tidak semua apa yang anda lihat, dengar dan baca itu benar adanya, tapi belum tentu juga salah semua. Mungkin ada benarnya juga. Misal, anda melihat seorang pemuda yang tubuhnya penuh tattoo dan tindikan, maka apa yang langsung ada dalam pikiran anda? Wah, preman ini ato paling gak orang jahat ini. Apakah benar setiap orang yang bertattoo dan bertindik itu preman, ato orang jahat ?? Tidak bukan ??!! Banyak juga orang yang keliatannya baek dan berpenampilan sopan, tapi jahatnya minta ampyunnnn.

Contohnya lagi, ada anggapan kalo wanita yang parasnya ayu, cantik . itu biasanya bodoh (ato lebih halusnya kurang pintar/cerdas). Tidak juga, banyak wanita yang wajahnya ayu tapi juga punya otak yang encer/pintar. Intinya, jangan gampang menilai sesuatu dari apa yang kita lihat, apa yang kita dengar dan apa yang kita baca. Ato lebih kerennya dont book judge(sambil mikir yg bener apa) walah, sok pake bahasa Inggris segala dont judge a book by its cover !!. Nah tu dia

Agar kita tidak gampang menilai sesuatu tersebut, maka yang patut kita lakukan adalah dengan belajar lagi untuk melihat sesuatu secara arif bijaksana, yaitu dengan melihat sesuatu secara lebih mendalam, cermat, dan seksama. Jangan menilai ato menggeneralisir suatu hal yang kita belum mengetahui secara mendalam. Lakukan terlebih dulu cek dan re-cek, bertanya sana-sini, cari informasi dari berbagai sumber dan laen-laen. Sangat berbahaya kalo dengan pengamatan yang sepintas kita sudah berani menilai ato menggeneralisasi suatu hal, dengan pengetahuan yang minim sudah berani menilai suatu hal yang besar.

Kalo penilaian kita itu benar, jangan kemudian di gebyah-uyah disamaratakan bahwa semua itu begitu adanya. Kalo ada yang cantik tapi bodoh, bisa jadi itu benar adanya namun jangan kemudian menilai bahwa semua wanita yang cantik itu bodoh (jangan tersindir ya yang merasa cantik, dan jangan ge-er dulu bagi wanita yang tidak cantik :D he he).

Jadi berhati-hatilah dalam mengasumsikan sesuatu. Kita seharusnya lebih cerdik dan cerdas dalam mengamati sekeliling kita.


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post


Categories

Archive