Melakukan Perubahan

18 Aug 2008

Semalem habis liat pilem Rambo, bukan alur cerita yang akan saya ulas di sini melainkan tentang sebuah kalimat yang begitu indah. Saya juga tidak yakin bisa mengubah keadaan di sana, tapi minimal saya sudah berusaha untuk melakukan perubahan, demikian kira-kira intinya (gak apal bener kalimatnya, maklum memori otak saya masih pake Pentium II :D)

Usaha untuk melakukan perubahan lebih baek daripada hanya menunggu perubahan itu terjadi. Ada action dari diri sendiri untuk menuju ke arah yang lebih baik melalui sebuah perubahan yang dilakukan. Kita action saja belum tentu bisa melakukan perubahan seperti yang diharapkan, apalagi hanya duduk diam seribu bahasa menunggu perubahan yang dilakukan oleh orang laen. Ya, kalo orang laen mau melakukan perubahan. kalo tidak ?? Mengapa kita tidak berupaya untuk melakukan perubahan sendiri, minimal untuk mengubah keadaan diri sendiri.

Kita tidak bisa hanya menggantungkan nasib kita, perubahan kondisi ini pada pundak orang laen. Kita harus berbuat (seperti iklan salah satu ketua parpol Hidup adalah Perbuatan :D ), minimal berbuat untuk diri sendiri, keluarga, masyarakat sekitar de el el. Sekecil apapun perubahan yang dapat kita lakukan, itu masih lebih baik daripada sekedar diam menunggu perubahan terjadi.

Ada lagi kalimat yang bagus dalam pilem Rambo semalem yang sempat saya tangkap intinya.Meninggalkan tempat ini (lari/pengecut) ato mati untuk sebuah tujuan. Kalo sudah ada keinginan untuk mengubah keadaan, maka janganlah surut kebelakang. Yakinlah bahwa perubahan yang kita lakukan adalah demi sebuah tujuan yang mulia. Tujuan mulia dari sebuah perubahan inilah yang bisa menjadi power kita untuk tetap menjadi manusia yang berguna. Berguna bagi diri sendiri dan bermanfaat bagi orang lain ato dalam falsafah kehidupan jawa dikenal dengan istilah Migunani Tumraping Liyan


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post


Categories

Archive