Apa Yang…. ??

29 Aug 2008

Lagi iseng, aku datang ke Lounge salah satu Komunitas Online Indonesia, ya sekedar baca-baca sekaligus refreshinglah. Ada sebuah thread ringan namun sesungguhnya mengandung petuah dan ujaran yang bijak untuk hidup di dunia ini. Ceritanya ada seorang Guru besar yang memberikan tebakan pada murid-muridnya. Mungkin sudah ada yang pernah baca ato tau?? (maaf kalo repost. gitu biasanya salam damai di komunitas/forum online).Tentu saja ini dengan banyak modifikasi di sana-sini

Seorang guru bertanya pada murid-muridnya Apa yang paling dekat dengan kita? Murid-muridnya ada yang menjawab,Ibu Orang tua sahabat. Sang gurupun berkata,jawaban kalian benar semua, tapi jawaban yang paling tepat adalah MAUT ato MATI. Setiap yang bernyawa pasti akan mati, maka mati adalah sesuatu yang sudah pasti akan terjadi dan dia sangat dekat dengan kita.

Pertanyaan kembali diajukan oleh sang guru,Apa yang paling jauh dari kita?. Amerika Inggris.kutub utara. !!, demikian beberapa jawaban dari si murid. Jawaban kalian benar, tapi yang paling tepat adalah MASA LALU, jelas sang guru.
Sekencang apapun motor/mobil kita, tetap saja tidak bisa membawa kita kembali ke masa lalu. Oleh sebab itu, jangan kau sia-siakan hari ini, esok dan masa yang akan datang karena jika sudah menjadi masa lalu maka kita tidak akan mampu dan sanggup untuk mengulanginya.

Apa yang paling besar , tanya sang guru. Murid-muridnya pun menjawab, gajahkapal induk gunung!!. Dengan tersenyum sang guru berkata,jawaban kalian benar, tapi yang paling besar adalah HAWA NAFSU. Begitu besarnya itu hawa nafsu,maka sangat sedikit dari kita yang mampu mengendalikannya.

Kembali sang guru melanjutkan pertanyaannya,Apa yang paling berat?. baja besibatu!!, jawab murid. jawaban kalian itu memang benar, tapi yang paling berat adalah MEMEGANG AMANAT. Saking beratnya, banyak orang yang tidak mampu memikul amanat yang diberikan padanya.

Diam sejenak, sang guru kembali mengajukan pertanyaan,coba sekarang, apa yang paling ringan? Muridpun menjawab,kapas. angin .kertas!! Sambil mengelus jenggotnya snag guru berkata,jawaban kalian benar, namun susungguhnya yang paling ringan adalah MENINGGALKAN IBADAH kepada Tuhan Begitu ringannya meninggalkan ibadah, sampai-sampai manusia itu sangat mudah melakukannya.

Nah, ini pertanyaan terakhir, apa yang paling tajam?, tanya sang guru. pedang. golok. pisau, jawab murid.Jawaban kalian itu benar, tapi yang paling tajam adalah LIDAH MANUSIA, kata sang guru. Lidah manusia itu sangat tajam, dia bisa mebunuh tanpa harus melukai badan. Maka hati- hatilah dengan ketajaman lidahmu.


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post


Categories

Archive