Apa Mau Dikata

16 Dec 2008

Film berbau seks akhir-akhir ini kembali marak setelah film bertema horror mengisi jadwal bioskop-bioskop tanah air sekitar 2 tahun terakhir. Lihat saja judul beberapa film yang lagi putar di Cineplex ato Megablitz; Kutunggu Jandamu, Mas Suka Mas Ukin Aja, MBA, Merem Melek, ML/Cintaku Selamanya, Mupeng (Muka Pengen) Anda Puas Saya Loyo dll. Secara materi mungkin tidak terlalu vulgar mengusung tema seks, namun dari judulnya saja orang akan dengan mudah menduga apa tema film-film ini.

Sutradara, penulis skenario maupun produser pasti akan bertututur bahwa film mereka ini sebenernya membawa pesan moral ato nilai pendidikan agar tidak melakukan seks bebas, aborsi, narkoba dan bla..bla..bla.. Mencari sebuah pembenaran dibalik sisi komersiil yang ingin diraih. Dan tentu saja, biar menarik minat penonton maka judulpun akan dibuat sedemikian heboh, dibuat yang boombastis dan tentu saja nyerempet-nyerempet dengan tema seks.

Jangan ditanya soal kualitas dari film-film tersebut, kalo boleh jujur itu hanya mirip sinetron televisi yang diputar di bioskop,. Kita ambil patokan FFI aja untuk menilai kualitas film bertema seks ini, apa ada dari mereka yang memperoleh penghargaan ?? tentu jawabnya tidak !! Terlepas dari beberapa film yang memang tidak mau mengikutkan diri di ajang FFI 2008, tentu ini sudah bisa menjadi acuan. Dilihat dari segi jumlah penonton, film dengan tema seks gak akan sampai bisa mengalahkan jumlah penonton AADC (Ada Apa Dengan Cinta), AAC (Ayat-Ayat Cinta) apalagi LP (Laskar Pelangi).

Produser film tanah air memang suka latah, mengikuti trend yang sedang in di saat itu. Lagi booming film dengan tema horror, rame-rame bikin film dengan tema horror. Lagi booming film dengan tema seks, rame-rame bikin film dengan bumbu seks. Hanya sedikit yang berani mengambil langkah beda, seperti halnya film Ayat-Ayat Cinta (AAC). AAC boleh dibilang sukses besar ditengah ramenya film nasional yang bertema horror. Begitu juga dengan LP, Laskar Pelangi sangat sukses ditengah hingar bingarnya film yang bertema seks.

Akhirnya hanya bisa berucap, apa mau dikata !!


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post


Categories

Archive