Gaban dari Hongkong

20 Jan 2009

Entah siapa yang memulai dan darimana asalnya, kita acap kali denger kata-kata gaul seperti segede Gaban ato dari Hongkong. Itu hanya sebagian dari bahasa gaul jaman sekarang , dan sudah tentu masih banyak lagi bahasa gaul lainnya seperti kata secara yang pemakaiannya kadang malah bikin kita bingung (tentu yg paham tata bahasa dan penggunaannya, kalo aku sih asyik-asyik aja :D )

Dalam bahasa gaul, bila sesuatu itu kita anggap besar/gede maka sering dikasih embel-embel Gaban, misalnya wah, pepayanya gede banget, segede gaban!. Nah, dari sinilah pertanyaan saya muncul. Emang Gaban itu gede banget ya, kok kalo bilang gede sering diikuti kata gaban. Sependek pengetahuan saya, Gaban itu adl tokoh Robot yg popular sekitar tahun 90an dan gak gede-gede amat. Tapi kenapa ya kok Gaban diidentikan dengan kata gede, segede Gaban !! :D

Terus ada lagi, dari Hongkong?. Misalnya ada yang bilang:
A : cewek baju biru itu cantik ya?
B : cantik kata lo, cantik dari Hongkong ?
Disini juga timbul pertanyaan, kenapa pengingkaran atas pendapat orang lain anak gaul menggunakan kata dari Hongkong? bukan dari Antartika ato kota Tel Aviv, Gaza, Beirut, Teheran, Baghdad ato lainnya ?? Bukannya kota-kota tersebut lebih jauh dari Hongkong ??

Itu beberapa contoh kata gaul yang sampai saat ini belum bisa saya mengerti, alasan menggunakan kata segede Gaban dan dari Hongkong. Beberpa waktu yang lalu saya sempet bertanya ke tetangga kita, disebuah forum online. Tapi ya gitu, mereka pada gak tau juga. Mungkin temen-temen ada yg bisa ngasih penjelasan ?? :D


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post


Categories

Archive